PENGAKUAN DOSA

Di awal tahun ini, aku ingin membuat testimoni yang tersimpan hampir 20 tahun. Dan mungkin juga aku berdosa pada kalian semua. Nilai ujian kalian pernah aku obok-obok. Mungkin jadi bagus, tapi mungkin juga jadi jelek. Maafkan…Ceritanya, di pertengahan tahun 1988, aku diminta oleh salah seorang guru (maaf identitas harus tetap dirahasiakan) untuk datang ke rumahnya. Ternyata, aku diminta bantu-bantu memasukkan nilai hasil ujian teman-teman kelas III SMA Trimurti (A-1, A-2 dan A-3).

Gilanya, guru kita ini enggan membuka/mengoreksi hasil pekerjaan kalian yang menumpuk di rumahnya. “Kamu masukkan saja nilai anak-anak. Isi saja langsung, kamu ‘ kan sudah bisa mengira kemampuan anak-anak,” kata guru kita ini. Ya udah, tanpa melihat hasil pekerjaan kalian aku langsung mengisi kolom nilai pada daftar nama-nama teman-teman.

Tapi aku gak fair. Teman-teman dekatku aku kasih nilai tinggi-tinggi (sstttt….bilang terimakasih dong!) Sebaliknya, aku juga menyimpan sentimen sama beberapa orang lainnya. Meskipun kemampuannya gak jelek-jelek amat, aku kasih nilai yang lebih rendah. Jahatnya ya…. (BERSAMBUNG)

KESIMPULAN: Setidaknya, pengakuan ini bisa membuat kalian mengerti bagaimana sistem pendidikan kita. Nilai bagus bukan dari hasil belajar. Bukan juga dari penilaian guru semata, melainkan……

TANGGAPAN:

ACHMAD WIJANARKO: Omong-omong soal guru, ada yang ingat Ibu Endah nggak? Antara yang diujikan pertanyaan serta jawaban kadang bukan menjadi satu acuan…Maaf lhoo…..Aku ingat banget bagaimana aku harus merangkum kata-kata agar kertas ujian kita menjadi banyak…….. serta panjang………….Sepertinya yang ada beberapa kawan kita yang tertera diatas suka bermain kerumahnya…Entah apaka pengingatanku seperti anda juga….Maklum baru recharge nih otakkkk.Masih capek bukan karma taun baru.. karma gawean booo………….Deeeee….

M.MUSTAFA: Wah….wah…wah…..cak Olan kenapa baru sekarang……testimoninya baru kesampaean…..makanya nilaku pada waktu itu ada yg jelek ama bagus …nggak tahu tuch ..!!!!!!!! apa aku juga masuk kategori…nya (yg dimaksud Cak Olan)… sentimen ///// deket… yeach.. ? Nggak apalah yang berlalu sudah ..lah berlalu…….sekarang khan Tahunnya udah beda…!!!!! ” SELAMAT TAHUN BARU 2008 ” SEMOGA SUKSES SEMUANYA

ALI BARAJA: Saya salut dengan cak olan, mau mengakui kesalahannya sebelum ditanya malaikat. Karena hal tsb sdh berlalu dan cak olan menyampaikan kesalahannya dengan ikhlas, ya saya mengajak teman2 juga mau memaafkannya. Tetapi cerita bersambungnya tetap perlu dilanjutkan. Pertanyaan sy ke cak olan, anda ke rumah guru tsb seminggu berapa kali? atau apa tiap bulan mesti datang?

SATRIO: Cak Maolan, nilaiku kelihatannya gak dirubah2 kan…Abis waktu terima raport kok nilaiku lumayan bagus…, tapi rankingnya kalo gak salah 27. Gile, brarti temen2 A1 pada dapat nilai 9-10 semua ya..??? Perasaan dari kelas 1 s/d kelas 3 semester I, rankingku selalu di bawah 10. Sekalinya mo lulus, ditendang… hiks. Ah biarin lah… yang penting dapet PMDK di Unhas sebelum terima raport. he..he..
Btw, lagi liat2 foto yg di website http://smatri88.multiply.com, nemu kenangan di Kuta dgn teman2… Pengakuan Dosa Part 2..??? kek..kek..kek…

ACHMAD WIJANARKO: Memang ada Kejadian apa aja di Pantai Kuta…. Pesta Bujangkah?????Maklum saya ngak ngopy sama sekali berita trekait…Jaman kelas tiga soo selalu menyendiri dan mengasingkan diri

PRITA DHAMAYANTI: Waduuuh…saya bener2 saluut sama temen-temen..kok ya menyadari bahwa bau2nya kiamat sudah dekat, sehingga pada pengakuan dosa semua…setuju dengan mas Ali, sebaiknya sebelum ditanya malaikat pada ngaku dosa deh semua, siapa yang dulu pada jahil, ya cepat2 minta maap..( eh..iya….saya juga yaaaa ..maaf maaf buat siapa saja yang pernah saya jahilin dulu…kan emang dulu jaman jahiliyah..jadi kerjaannya suka jahil).

Tapi ngono yo ngono ojo ngono Lan…..tapi kayaknya cak Lan dulu baek ati …he he buktinya saat -saat kelulusan nilai saya melonjak bagus…hi hi hi……anyway thanks Lan..meskipun tahun 88 saya gagal masuk PTN tapi saya cukup puas kok…karena hidup saya sangat berwarna dengan anda semua….

ACHMAD WIJANARKO: Wah wah meski di keheningan malam….Mbak Prit.. masih manggung too………….Apakah si Inem dah masuk kerja lage mbak???Sehingga bisa menyempatkan waktu boeat membalasnya…Kalo Jam segini hamper dua mingguan saya masih manggung mbak…..Biasa mo tutup tahun dan buka taun………….

Ya beginilah hidup di pErantauan………………………Hik hik hik mana Jakarta hawanya ndak tentu kadang panas kadang dingin…….Omong-omong Kok anda menyebut NAma Cak Oland saja sih…Apakah ada tabir yang menyelimuti begitu????? Boat yang lainnya kok pada meneng wae yaccchhhh…….Ayo pada cerita………………

TRI MARIJANTO: pa kabar.., para juragan dan nyonya juragan…!!!,

wuuuiiihhh….udah jadi penguasa semua yaaa…???,
yahhh…paling ga menguasai suami atawa istri nya lah….hehehehe…bang Sat..rio…, masih inget to…?, journey to Bali nya…kayak2nya banyak yang perlu didaur ulang ceritanya ya….huekekek…bener kata ning Prita…, kalian semua adalah para sahabat yang ikut memberi warna di perjalanan kehidupan ini…btw…, ada yang ikut PILKADA ga…??? huahahahah…Okelah…semoga tambah sukses semua ya…best regard…

Satu Tanggapan to “PENGAKUAN DOSA”

  1. DONNY DANARDONO Says:

    pengakuan dosa adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan…

Tinggalkan Balasan

