NYEPI

Pergi ke Bali? Pasti pernahlah, tapi pernah nggak ngerasain Hari Raya Nyepi di Bali? Harusnya sekali-kali ngerasain. Asyik kok. No lampu, no TV, no musik mulai pukul 06.00 pagi mpe 06.00 pagi besoknya (24 jam). Tapi kalo lampu dinyalain ya gpp asal ga kelihatan dari luar. Biasanya jendela rumah, ventilasi kudu ditutup rapat-rapat. TV juga cukup didenger kuping dewe.

kopdar-logo.png Ajaran Nyepi sendiri bagus banget. Umat Hindu Bali harus melaksanakan “Catur Brata” : Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan. – Amati Geni: Nggak bole nyalain api (memasak, ngorek, obong2)– Amati Karya: Nggak boleh kerja– Amati Lelungan: Nggak boleh ngeluyur– Amati Lelangunan: Nggak boleh seneng-seneng (konotasinya banyak) Tapi buat umat sekarang, rasanya berat melaksanakan catur brata ini. Lha TV ada, DVD tersedia, Chating/browsing juga jadi habit. Malah yang terjadi, biasanya sehari sebelum Nyepi, semuanya pada borong makanan, camilan. Atau nyewa DVD sebanyak-banyaknya. Makanya, muncul wacana memadamkan listrik di Pulau Bali. (Aduh mati aku…). Sebelumnya KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) juga bolak-balik minta stasiun TV stop siaran selama Nyepi. (Halo Bung Forsan dan Cak Eko Budiman….apa SCTV tetap mengudara tgl 7 Maret…). NYEPI PAS JUMATANBuat pendatang, biasanya sebagian juga milih pulang kampung. Makanya, Gilimanuk dijamin macet-cet. Bisa antre 3-5 jam buat nyebrang ke Jawa. Uniknya, Nyepi 2008 jatuh hari Jumat. Nah, bagaimana yang muslim mo Jumatan? Diputuskan silakan, asalkan nggak usah pakai pengeras suara yang gede2an. Jemaah juga dimohon jalan kaki ke masjid terdekat (padahal masjidnya langka Rek). Tapi peristiwa ini masih kalah unik dibanding kira2 tahun 1996 (?). Waktu itu Nyepi barengan sama Idul Adha. Hmmm…yang satu pingin hening, yang satu pengen takbir. OGOH-OGOHSerunya, sehari sebelum Nyepi ada pawai ogoh-ogoh. Kayak ondel-ondel berbentuk makhluk seram. Ogoh-ogoh yang nilainya Rp 500 ribu hingga Rp 10 juta diarak keliling dari lingkungan Banjar (RT) menuju pusat kota mulai Magrib mpe tengah malam. Abis itu ogoh-ogoh dibakar; sebagai perlambang kekalahan angkara murka. Cuma belakangan ogoh-ogoh mulai nyeleneh, ada model Inul, Komeng, Shinchan dll. Atau ada ogoh-ogoh serem-serem tapi gak dibakar. Khusus yang beginian biasanya dibisniskan untuk hiasan hotel, toko atau malah jadi souvenir impor etc. Biasanya pas pawai ogoh-ogoh, juga rawan keributan. Nah, kalo pas begini, biasanya hujan terpaksa diturunkan biar emosi reda. MED-MEDAN

Sehari setelah Nyepi juga ada acara yang menarik banget. Oopppss…ada tradisi cium-ciuman di Banjar Kaja keluran Sesetan Denpasar. Muda-mudi warga setempat dibagi dua barisan; cowok dan cewek. Satu persatu maju dan saling berciuman. Bahkan busyet…belakangan ada yang nyuri-nyuri ciuman mulut.

Kalo udah memanas biasanya panitia adat memisahkan pasangan ini dengan menyiramkan seember air. Kalo masih konak, ya ditarik dari arena. Tapi ritual ini hanya buat warga setempat! Orang luar nggak boleh ikutan…(Tradisi ini harus dilaksanakan karena keyakinan bakal terjadi bencana kalo gak dilaksanakan). Malah banyak di antara petarung med-medan yang kemudian jadi pasutri lho!

Bagaimana Surabaya….mo bikin med-medan versi Sby ta? Lawannya Tukul Arwana ama Omas…

Satu Tanggapan to “NYEPI”

  1. Dewi Says:

    Supaya nggak salah pengertian tentang med-medan, silakan klik link berikut..
    http://okanila.brinkster.net/mediaFull.asp?ID=1284

    knowledge is power, pass it on….
    Fajar Dewi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: