MARI BERSEPEDA

sepedaan2.jpgBiyuh…bentar lagi Ekstrimer mo memasuki usia 40 tahun. Hmmm…Puber II nih! Tapi jangan cuekin badan. Seperti kata Haji Mustapa, kita kudu rajin olahraga. Nah, ini dia hobi baru eks Kazaga yang langsung membuat bobot badannya turun 3 Kg. “Mari bersepeda,” kata Cak Mus. Simak pengalaman Cak Mus … menjelang life after forty.

Hobbi bersepeda ku sebenarnya belum begitu lama, tepat terbentuk komunitas bersepeda Antar temen sekerja tgl, 12 Nopember, anggotanya pada waktu terbentuk baru sekitar 6 orang dan sekarang udah mencapai 21 orang, salah satunya aku duduk selaku bendahara akhirnya terbentuk BULIC (Komunitas Bersepedanya Karyawan ULI) Karena kita punya Visi & Misi sbb:

Visi:

►Menciptakan kawasan Rungkut Industri bebas polusi udara, dengan lingkungan

hidup yang sehat demi menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.

Misi :

►Mengajak karyawan yang belum ikut pick up service untuk mengurangi ongkos BBM.

►Mengurangi kemacetan dan polusi udara di Surabaya dan kawasan Rungkut Industri.

►Mengajak pengendara bermotor untuk berangkat bekerja dengan bersepeda, sebagai

kendaraan yang ramah lingkungan , di lakukan dua kali dalam satu minggu,pada hari

jumat serempak diseluruh wilayah Surabaya sesuai dengan program pemerintah dan

pada hari sabtu utk karyawan ULI.

►Mensukseskan program Perusahaan / Pemerintah utk hidup sehat dengan bersepeda

dan mengurangi dampak global warming ,sehingga tercipta ligkungan hidup yang

sehat di kawasan Rungkut Industri

►Menciptakan suasana kekeluargaan yang baru antar sesama karyawan.

hobi-mustapa.jpg

Pada waktu terbentuk komunitas pekerja Bersepeda aku belum punya yang namanya Sepeda…..aku juga bingung sepeda apa………..? yang cocok aku gunakan.

Tips. Mengenal, memilih sepeda yg Cocok & aman buat Pemula

1. Sepeda Gunung (Mountain Bike/MTB)

Sepeda ini sering digunakan di medan-medan off-road dipegunungan, lincah dan gesit untuk menjelajahi jalan tanah, berbatu hingga lumpur (bukan lumpur lapindo..lo à makanya sepeda ini memiliki rancang bangun frame yang kokoh. Material yg digunakan juga bervariasi : aluminium, Scandium, titanium hingga serat carbon (ringan)

2. Sepeda Jalan Raya (Road Bike)

Sepeda ini sering digunakan oleh para pembalap à bodynya yg ramping/kurus, ringan dgn ban yg sangat tipis & memiliki Handlebar, inilah tampang khas sepeda Road Bike (Material bervariasi)

3. Sepeda Hybrid (Hybrid Bike)

Nah sepeda ini yang cocok ntuk aku, sepeda ini adalah hasil modifikasi antara sepeda gunung/MTB dengan Sepeda Jalan Raya (Road Bike) dgn material bervariasi, semakin ringan sepedanya, kocek yg kita keluarkan juga semakin dalam yg dikeluarkan

4. Ukuran Frame Sepeda

Untuk memberikan rasa nyaman buat pe sepeda, sebelum memilih Type sepeda ukuran Frame juga penting utk kenyaman bersepeda, untuk ukuran Frame disesuaikan dengan ukuran/tinggi tubuh.

5. Perlengkapan Safety bersepeda

Helmet, sarung tangan, bel, sign lamp (ntuk malam hari) dan patuhi peraturan safety di jalan raya.

Beberapa event-event di kota-kota (surabaya, sidoarjo, gresik & malang) & touring udah kita ikuti, Setelah bersepeda esok harinya badan terasa ringan/segar dan kerja pun semakin fresh pikiran.

Sehingga banyak improvisasi-improvisasi yg bisa kita lakukan di tempat kerja (ojo sampe akhir bulan Sirah-ku cenat cenutà jare Cak Koko Bon Jovi ne SMATRI’88).

Bahkan dengan tujuan menciptakan udara bersih, manfaatnya bakal dinikmati generasi penerus yang akan datang. Keberadaan Komunitas bersepeda memang belum signifikan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia, mengingat Komunitas bersepeda yang masih relatif sedikit Meski demikian, eksistensi komunitas bersepeda ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi pencemaran udara dari timbal asal BBM kendaraan bermotor yang digunakan saat berangkat kerja. Adanya isu pemanasan global atau yang lebih sering dikenal dengan istilah global warming ditambah dengan polusi udara Kota Surabaya yang semakin mengkhawatirkan membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya udara yang bersih dan sehat.

pesepeda.jpg

Event d’ Malang kemaren tgl 30 Maret 2008 kita berangkat abis gawe langsung berangkat ke Malang, semua sepeda d’naikin di pick up utk ditata….biker-biker siap ntuk diangkut ke Malang selama perjalanan hujan deras mengguyur bikers pada terlelap di mobil. Sesampai di penginapan kita langsung isitirahat ntuk persiapan esoknya, Jam setengah 6 kita persiapan start (ada komunitas dari Surabaya, Banyuwangi, Gresik, sidoarjo, kediri dan sekitar jawa timuran) jarak tempuhnya lumayan jauh sekitar

40 Km palagi jalan/lintasannya lumayan berat medannya Onroad, offroad, up-down hill..udara pegunungan yg seger membuat fisik/stamina semakin fit n’happy fun buat antar komunitas..g’ terasa jam setengah 9 udah sampai finish….istirahat sebentar di penginapan langsung go surabaya ntuk persiapan gawe esok harinya.

cycling-1.jpg

Hidup tak sekali berkutat pada hal-hal yang serius. Sesekali kita perlu juga sesuatu yang ringan,Menyenangkan. Begitu pula halnya bersepeda.Event Fun BIke mengembalikan ke kegiatan bersepeda ke Esensinya; SEHAT. Bukan berarti kegiatan bersepeda lainnya tidak sehat, hanya saja dgn Fun Bike kita bisa menggenjot tanpa terikat batas waktu, bersosialisasi antar komunitas bersepeda…..

Say hallo Yang kita lontarkan apabila berpapasan dgn komunitas bersepeda di event-event

Nah kawan – kawan tunggu apalagi …………………..?????????????

Mari sejenak kita kendorkan Urat Syaraf…….ambil sepeda anda…………..ayo bersepeda santaiiiiii.


4 Tanggapan to “MARI BERSEPEDA”

  1. ratih mahardika Says:

    jika bapak berkenan, saya mohon… tolong di kirimin daftar harga komponen sepeda (by email)… karna saya ingin membuat sepeda yang nantinya mau saya pakai untuk di dalam kampus…

    maturnuwun..

  2. ewar Says:

    salam..saya dari malaysia ingin tau daftar harga bagi sepeda GIANT yang terdapat di indonesia..terima kasih

  3. Laura Says:

    Hi, saya tinggal di surabaya dan berencana bergabung dengan komunitas bersepeda di surabya. Saya mohon info contact person’nya… Thx b4…:-D

  4. RUDI Says:

    salam kenal…

    pengalaman yang bagus buat dibagi.
    saya ingin sekali bike to work, apakah anda punya saran ttg jenis sepeda dan lain sebagainya. tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: