BIKIN BROWNIES UNTUK PEMULA

Bikin kue ternyata gak sesulit yang dibayangkan. Makanya, nih coba jajal resep kue brownies Cak Olan. Gampang banget buat pemula. Hasil resep sudah dijajal anake dewe, anake tonggo. Komentarnya “Enak…”

BAHAN

100 g mentega

100 g cokelat masak (dark chocolate/DCC)

150g gula kastor (gula halus)

2 butir telur

1sdt vanili

100 g tepung terigu

½ sdt garam

100 g almond/kacang mente

CARA MEMBUAT

  1. Lelehkan mentega, dan DCC dalam panci dengan dasar tebal dengan api kecil. Setelah meleleh, tuang ke dalam mangkuk. Masukkan gula kastor. Aduk hingga gula larut dan dingin.
  2. Kocok telur selama 3 menit dengan mixer kecepatan tinggi.
  3. Masukkan mentega, DCC, kastor yang sudah meleleh dan tetap dikocok.
  4. Tuangkan terigu, vanili, garam dan almond.
  5. Tuangkan adonan dalam loyang ukuran 20 x 20 x 3 cm. Jangan lupa olesi loyang terlebih dulu dengan mentega dan taburi dengan tepung (jangan dilapisi kertas).
  6. Pasang oven dalam suhu 160 C. Biarkan panas 10 menit sebelum adonan dimasukkan.
  7. Masukkan adonan selama 35-40 menit.

CATATAN

Sebelum dingin betul dan mengeras, keluarkan kue dari cetakan. Potong ukuran 4 x 4 jadi 20 potong dengan pisau yang sudah diolesi minyak. Dinginkan.

Mentega bisa divariasi 50 g mentega tawar

Mentega curah bisa dipilih dengan harga relatif lebih pahe. Untuk ¼ kg harga Rp 12.500 – 15.000.

DCC pahe juga tersedia di toko kue dengan merk Alpa, Omega dll dengan harga Rp 8.000 – 10.000 per 500 gr.

9 Tanggapan to “BIKIN BROWNIES UNTUK PEMULA”

  1. Cak Di Says:

    Boleh juga cak Olan coba2 resep. Siapa tahu bisa buka kursus buat kue untuk Ex Smatri88. Kembangkan terus bakat terpendamnya. Nanti demo buat kue di acara reuni ya.

  2. Riska ayunita Says:

    foto gambarnya jangan dari sampinh karena tidak kelihatan jelas, yang kelihatan cuma separuh.

  3. basa200604 Says:

    untuk pemula,ga sulit…hanya brownies kan emang ga pernah terlalu sulit buatnya..mungkin cocoknya dijudulin: Brownies Ekonomis Cak Olan

  4. septiarini Says:

    FoTo bRoWnIeSyA yAnG BgUsZ dOnX JgN jElEk sPErTi iTu . . . .

  5. sepri mayenti Says:

    kalau kita ga punya oven gmn….?????ap ga bisa di kukus aja…???

  6. sepri mayenti Says:

    kalau ga ada ovebn gmn….????ap ga bisa di kukus aja…????

  7. BUDI EKO SUSANTO Says:

    makasih resepnya

  8. I knew who you are... Says:

    kaga jelas!!! >> buat orang kaya gua “yg bener2 nggak ngerti”

    metodenya COPAS sih,…

  9. tata Says:

    jelas bgt makasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: