54 TAHUN SMATRI (08-08-08)

Angka 08-08-08 juga punya arti tersendiri bagi SMA Trimurti Surabaya, karena di tanggal istimewa itulah dirayakan hari jadi ke-54 Smatri. Tapi tahukah Smatriers kalo dulunya ada museum dan bioskop di sekolah ini?

Sebelum lahir sebagai lembaga pendidikan formal, tahun 1954, lokasi SMA Trimurti dulunya adalah museum yang didirikan oleh Godfried Hariowald Von Vaber (1899-1955). Blasteran Jerman-Belanda ini boleh dibilang sebagai bapak permuseuman (bukan permesuman lho).

Von Vaber yang sejatinya lahir di Surabaya, memang punya perhatian khusus pada sejarah kota Surabaya. Karena itu pula dua karya yang dijadikan “kitab suci” Surabaya ditulisnya; Oud Soerabaia dan Niew Soerabaia, yang belakangan menjadi rujukan utama Dukut Imam Widodo, penulis Soerabaia Tempo Doeloe.

Von Vaber tak puas dengan hanya melahirkan karya tulisnya. Pada 6 Mei 1933, Von Vaber mendirikan perkumpulan museum sejarah kota (Stedelijk Historisch Museum). Tapi museum pertama Von Vaber ini belum di lokasi Smatri sekarang (Jl Gubernur Soeryo No.3 Surabaya).

Awalnya adalah sebuah ruangan kecil yang ada di Readhuis Ketabang. Karena koleksi terus bertambah, Nyonya Janda Han Tjiong menawarkan ruangan yang luasnya lima kali lipat di Tegal Sari untuk museum baru. Tapi koleksi museum juga makin berkembang pesat, hingga akhirnya dipilihlah lokasi di Jl Simpang No.3 Surabaya sebagai lokasi baru. Jalan Simpang ini belakangan berubah menjadi Jl Pemuda, dan kemudian berubah lagi menjadi Jl Gubernur Soerjo.

Gedung museum baru dibangun tahun 1936 di atas tanah seluas 3600 m2. Ada dua bangunan utama. Di gedung A dan B inilah benda-benda bersejarah itu tersimpan. Pada tahun 1949 di belakang gedung utama (gedung A) dibangun gedung non permanen berlantai ubin dan berdinding sesek (gedhek) yakni gedung C dan D. Gedung C dan D ini kemudian menjadi ruang-ruang kelas. Sementara Gedung eliminasi merupakan sebuah Aula untuk tempat pertunjukan (cinema).

Tahun 1949, museum Von Vaber dikelola oleh Universeel Cultureel Centrum voor Volksontwikkeling (Yayasan Pusat Pendidikan Umum untuk Kebudayaan). Yayasan ini selain mengelola museum juga bergerak di bidang pendidikan non formal. Di sini terdapat bermacam-macam kursus, seperti kursus Bahasa Belanda, Mengetik, Tata Buku (Akuntansi), Korepodensi Bahasa Indonesia. Bahkan yang ingin berdansa-dansa pun di sini juga tersedia kursusnya.

Mr. Von Faber sebagai Direktur Pendidikan Umum di kala itu menawarkan kepada Moh. Ridwan (guru kursus bahasa Inggris) untuk mendirikan sebuah sekolah di Jl Simpang No.3. Moh.Ridwan maunya mendirikan SMP, tapi Bu Soenarsih (kepala sekolah era 80-90an yang pada waktu itu menjadi guru Ilmu Pasti di Sekolah Teknik Elektro Radio menyarankan SMA. Akhirnya disepakati berdirinya SMA Trimurti dengan Pak Ridwan sebagai Kepala Sekolahnya.

Museum Von Vaber kemudian berubah menjadi Museum Mpu Tantular setelah dilakukan serah terima museum kepada Pemprov Jatim pada 1 November 1974. Selanjutnya pada 12 Agustus 1977 pindah ke Taman Mayangkara 6 Surabaya. Karena koleksi makin banyak, sementara kapasitas terbatas, Pemerintah Jawa Timur mendirikan museum yang lebih luas di kawasan Buduran, Sidoarjo. Ditandai wayang kulit semalam suntuk, Museum Mpu Tantular (dulu Museum Von Vaber) resmi beroperasi di Sidoarjo sejak 14 Mei 2004.

Kalau alumnus Smatri pingin napak tilas, Von Vaber boleh dibilang sebagai buyutnya Smatri. Mbah buyut kita ini dimakamkan di Kembang Kuning Blok X Nomor 806 C.

7 Tanggapan to “54 TAHUN SMATRI (08-08-08)”

  1. cat Says:

    Chayoo sma trimurti from angkatan 93, kapan ney reuni akbar-nya ???

  2. alfano Says:

    hayo hayo iyan nih aq yang tertinggal dr anak2 smatri 93…mana ya yang lain pak dum mash adakah..fara diba, aripono waskito, hoooyy bener namaya ya giri sugiri…hellooouuuwww

  3. Putut Styowaskito Says:

    Hi Friend ? How are You ? saya eks 1-7 angkatan 88 (lulus), 2 Bio 2 piye kabare cahcah ? Sugeng, Nizam, Iksan, Palupi, etc sungkem kagem Pak Joko, Pak Dumyo, Pak Mardi, Pak Parno (bhs Inggris), bu Adiati, Bu Umi, Bu Endang Wusanani, Pak Piyoto, Pak Gultom, Pak Soekendro, Pak Israwan, dll

  4. inya Says:

    wah, iya yaaa.. 08-08-08 . ultah trimurti tahun ini plus reuni …
    skrg trimurti tuh bkn d singkat jd SMATRI, tp jd SMATRIM . nambah “M” aja..

    ak baru tau lho ad makam Von Vaber…=)

    sukses reunianny!

    ina . alumni 2007 SMATRIM. – ubaya.

  5. Himawan Rachmansyah Says:

    Sukses untuk SMA Trimurti ku
    Aku alumni tahun 1977, jika ada teman-2 yang mengetahui tolong berikan alamat atau kontak ke aku di irwansyah31@yahoo.com, atau Haryanto S. hari@creativestyle.co.id atau juga ke Gatot Agun G. email_ag@yahoo.com
    Salam dan sukses selalu untuk alumni STRI

    Wassalamualaikum,
    Himawan R – Alumni 1977

  6. Dessy Says:

    Wach io rek SMANTRI ULTAH yoo…. okey dech selamat untuk SMANTRI nya sucses selalu and semoga Bpk and Ibu GURU yang kusangi dalam keadaan sehat selalu, SMANTRI tetap jaya aku kangen berat sama Pak Gultom hehehe apa kabar Bpk, saya murid Bpk alumni 1977(lulus).
    Halo Wan kon wis ndisiki yo wach….wach…. yooooo

    Wassallam,
    Dessy – Alumni 1977

  7. Bambang Siswanto Says:

    Wich… aq bangga lho, jadi jebolannya SMA Trimurti, moga-2 SMA Trimurti tambah maju, Guru & Murid tambah makmur, amien….
    Info untuk teman-2 jebolan th. 1979, Teman-2 sering ngumpul dan sudah terbentuk Paguyuban. Kumpul tiap 4 bulan sekali, tempatnya pindah-2 tergantung siapa yang mau nyelenggarakan, entah dirumah entah di gabung.
    Jadi untuk teman-2 yang belum gabung & ingin gabung (sebaiknya gabunglah, kita kan dah tua-2, perlu silaturahmi). Hubungi Sekretarian :
    Gamar : 08563024654 atau Dwi Jogja : 08175451960

    Salam : Bambang Siswanto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: