KOKO OPERASI KATARAK

Mripatku wes sepet… Beberapakali Koko mengakhiri emailnya dengan kalimat ini. Ternyata bukan kiasan, tapi beneran. Eks 1-3 ini akhirnya menjalani operasi katarak di RS Mata Aini pada Kamis 4 September 2008. Semoga berjalan lancar Cak.Untuk tahap awal, tindakan medis akan dilakukan pada mata sebelah kanan. “Agar bisa lebih sensitif seperti The Six Million Dollar Man,” kata Achmad Widjanarko (Koko) berangan-angan.

Entah karena apa, Koko mengalami katarak. Yang jelas guyonan Suroboyoan nggojlok arek kelahiran Jember ini gara-gara sering ngintip. Atau kabar terakhir, dibilang gara-gara main cubit-cubitan di arena Reuni Ekstrim 88. Hahahaha…

Katarak sendiri adalah kekeruhan pada lensa mata yang mengakibatkan pandangan kabur. Kata ”katarak” berasal dari bahasa Yunani yang berarti air terjun, karena orang yang menderita katarak mempunyai penglihatan yang kabur seolah-olah dibatasi oleh air terjun.

Pada keadaan normal, lensa yang jernih berfungsi meneruskan cahaya ke dalam mata agar mata dapat memfokuskan benda dari jarak yang berbeda-beda. Apabila lensa menjadi keruh, maka cahaya yang masuk ke dalam mata dapat terpencar dan mengakibatkan pandangan kabur.

Apa yang menyebabkan katarak? Penyebab yang pasti belum diketahui, ada pendapat yang mengatakan bahwa katarak merupakan suatu proses alamiah pada orang tua. Keadaan usia lanjut berperan dalam berkembangnya penyakit katarak ini, walaupun tidak jarang ditemui juga pada orang muda, bahkan pada bayi yang baru lahir sebagai cacat bawaan.

Beberapa faktor atau penyakit dapat mempercepat timbulnya katarak antara lain penyakit diabetes melitus (kencing manis), gloucoma (tekanan bola mata yang tinggi), perenggangan pada retina mata atau akibat trauma mata yang mengenai lensa.

Bagaimana gejala-gejalanya? Gejala utama katarak adalah penglihatan kabur semakin lama semakin berat dan penderita tidak merasa sakit.

Pada awal terjadinya katarak, seseorang akan merasa adanya selaput tipis yang menghalangi pandangan atau merasa sangat silau jika berada di bawah cahaya terang, karena lensa yang keruh bukan memfokuskan cahaya yang masuk, tetapi memecahkannya. Pada perkembangan lebih lanjut, penglihatan menjadi semakin memburuk dan bila diperhatikan lensa mata menjadi berwarna putih seperti mutiara.

Apakah katarak bisa disembuhkan? Pada umumnya katarak dapat disembuhkan terutama dengan semakin majunya teknologi kedokteran saat ini. Walaupun jarang terjadi, katarak dapat juga menimbulkan kebutaan. Mengapa? Lensa yang keruh dapat menghalangi pemeriksaan dokter untuk bagian dalam mata yang lain seperti misalnya perubahan keadaan pada retina atau kerusakan saraf mata yang meneruskan perintah dari mata ke otak, sehingga menyebabkan kebutaan pada mata.

Oke Cak Koko, doa kami menyertaimu, semoga operasi berjalan lancar dan matanya bisa lebih kinclong…

Satu Tanggapan to “KOKO OPERASI KATARAK”

  1. Cak Di Says:

    Seandainya Mr. Bon Jovi menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.
    Dengan baju batik yang nasionalis, dengan gaya yang kerakyatan, dengan jari tangan di”METAL”kan, dengan senyumnya yang aduhai, dengan penampilannya yang kalem, dengan perhatiannya yang mendalam pasti membuat semua Rakyat Indonesia tersenyum.
    Buktinya, Paspampres aja tersenyum lepas melihat beliau lagi beraksi, melupakan sejenak, betapa beratnya tugas menjaga mobil Presiden.

    H.E. Mr. President,
    I love your hard work to try us to be succes.

    Sincerelly yours,
    Your people

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: