1 TAHUN DUNIA MAYA

cyberRasanya baru kemarin berseragam putih abu-abu. Rasanya baru kemarin mendengar omelan Pak Doem. Rasanya baru kemarin lulus SMA. Aahh … ternyata sudah 20 tahun yang lalu seragam putih abu-abu kita tanggalkan. Dan kini… tali persahabatan yang terputus sudah tersambung kembali sejak setahun silam.

Dunia maya? Ada yang beranggapan bahwa dunia maya adalah sesuatu yang tidak nyata. Sebenarnya tidak tepat, karena orang-orangnya sangat nyata. Hanya saja dibedakan oleh lokasi. Maklum, homebase bukan hanya di Surabaya, melainkan di Jakarta, Bogor, Bali, Malang, Sidoarjo sampai Mbenjeng.

Bisakah kumpulan orang-orang ‘setengah nyata’ ini disebut sebagai komunitas? Tentu saja sangat bisa, karena hakikat komunitas adalah kumpulan orang-orang yang dilatarbelakangi sebuah persamaan; bisa persamaan hobi, paham, masa lalu (baca: sekolah), atau persamaan-persamaan lain. Bahkan bisa atas dasar ‘persamaan atas tidak kesamaan.’Komunitas juga tidak mengenal jumlah. Asalkan lebih dari dua orang, sebuah kumpulan ini sudah layak disebut komunitas.

Komunitas bisa dianggap sebagai aliran sesat, apakah benar? Penghakiman itu sah-sah saja ditudingkan jika mereka tak merasakan arti sebuah komunitas. Tidak penting tapi perlu, karena manusia memerlukan sisi penyeimbang lain dalam kehidupannya. Ada kehidupan keluarga, ada kehidupan pekerjaan. Dua sisi bak mata uang ini kadang menyerap energi besar dan mengundang stres tinggi. Untuk itulah ada penyeimbang-penyeimbang yang diperlukan manusia. Seperti melakukan aktivitas sesuai hobi atau clubbing sesuai minatnya.

Nah, dunia maya adalah salah satu jenis clubbing. Tidak memerlukan ruang waktu khusus. Bisa dilakukan sambil lalu. Namun di balik itu mampu dan diharapkan memperkokoh sebuah komunitas. Wajar, jika dalam perjalanannya tidak selalu mulus. Karena memang begitulah kehidupan; ada aliran darah dalam tubuh manusia.

Semoga usia setahun dunia maya Smatri88 menjadi masa penjajagan untuk mempererat persaudaraan di antara kita… wwuuzzzz….tiup lilin dengan angka “1”…..

PERJALANAN DUNIA MAYA

Oktober 2007:

Koko lebaran di Surabaya. Dia menyempatkan diri mampir ke rumah ortu Handoyo (1-5) di Jl Tunjungan. Gak ketemu, tapi dari sini Koko mulai menjalankan aksi telepon. Rentetannya kemudian tak berhenti sampai sekarang.

Akhir Oktober 2007:

Setelah ‘meneror’ teman-teman lama dengan sangat pede, Bon Jovi alias Koko mulai membuka akses dunia maya dengan bertukar email.

Jejaring komunikasi email masih malu-malu bin jaim; melibatkan Koko, Mustapa, Nor Mustika, Olan, dan Forsan.

Awal November 2007:

Jejaring dunia email makin bertambah. Dalam percakapan via telepon dengan Koko, Bli Olan mengusulkan supaya direalisasikan sebuah blog komunitas Smatri. Maklum, waktu itu Bli Olan juga belum pernah utak-atik blog. Lagian belum ‘kelonan’ sama internet sepanjang waktu. Dalam percakapan itu, Bli Olan berharap Koko bisa menyampaikan ke pakar IT SCTV, Bung Eko Budiman (EB). Pucuk dicinta, ternyata awalnya Mr EB memang sudah punya niat launching blog.

8 November 2007

Sebuah blog http://smatri88.multiply.com resmi dilaunching. Di sini gudang foto jadul dan terbaru yang dikirim lewat email tersimpan rapi. Bahkan tidak lama kemudian Mr EB menciptakan rooms Smatri by Yahoo Groups.

15 November 2007

Lahir lagi blog http://balimubaliku.blogspot.com. Lahirnya blog ini karena alasan sepele. Kendati Mr EB sudah memberikan pasword blog http://smatri88.multiply.com, tapi Bli Olan kesulitan ikut update. Maklum masih katrok. Makanya daripada puyeng, nyoba-nyoba bikin blog juga.

Tapi umur blog ini hanya sampai akhir tahun. Alasannya sepele: LUPA PASWORD (hehehehe). Lagian waktu itu sudah kenalan dengan blog wordpress yang lebih menarik.

10 Januari 2008

Blog dengan alamat https://smatri.wordpress.com atau identik dengan http://www.smatri.co.cc melanjutkan blogspot.

November 2008

Ada sekitar 50an alamat email dari komunitas Smatri88 yang beredar (termasuk aktif, non aktif dan remang-remang)

Catatan: Mohon koreksi jika ada kekeliruan data dan fakta

4 Tanggapan to “1 TAHUN DUNIA MAYA”

  1. Henk-Q Says:

    Met ULTAH buat komunitas Extreme 88.. Aku bangga menjd bagian dr komunitas ini.. Go,Go,Go.. Go Extreme Go!! THX buat tmn2 “founding Father Extreme 88”

  2. dadik Says:

    kapan bancak’ane rek

  3. In Says:

    Tiup lilinnya…tiup lilinya sekarang juga-sekarang juga………………..
    Selamat buat penggagas Komunitas Ekstrim, EB,Ko2,Olan,Mustafa,Nor n Forsan…aku iso ketemuan kabeh Thx all….

  4. Putut Says:

    Met Ultah ya…, yok opo rek kapan rujak’an e (copy darat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: