BATU KEMIH SEUJUNG JARI

Bukan hanya prostat saja yang bermasalah, tapi hernia Pak Djoko Soengkowo juga harus “dibetulkan”. Bahkan last minute diketahui ada batu kemih yang juga harus dihancurkan. Alhasil dilakukan tiga operasi sekaligus dalam sehari oleh tim medis RS Husada Utama Surabaya.

Berbeda dengan prostat yang dideteksi jauh hari sebelumnya, justru untuk dua masalah terakhir baru diketahui pada saat-saat akhir. Untuk hernia baru diketahui setelah menjalani cek lab Senin (1/12) atau dua hari sebelum hari operasi. Sedangkan masalah kandung kemih baru diketahui beberapa saat sebelum operasi dilakukan.

Foto rontgen pada panggul sebelum operasi menunjukkan ada batu kemih seukuran ujung jari telunjuk. “Bagaimana sebaiknya,” kata drg Aris Fauzi (alumnus eks 1-6) yang berkonsultasi dengan pakar urologi dr Satrya Husada SpU.

Ahli urologi itu pun menyebut bahwa batu kemih ditembak laser sekalian dalam operasi prostat dan pembetulan hernia Pak Djoko. Setelah ditembak laser, batu kemih seukuran 5x10mm berhasil dihancurkan.

Di luar tiga penyakit di atas, kondisi Pak Djoko dinyatakan bagus. Untuk seumuran mantan guru SMA Trimurti era 1960-1990an ini, 81 tahun, organ-organ fisik masih oke. Secara kasat mata memang bisa dilihat saat reuni lulusan 1988 di aula Trimurti Agustus lalu. Pak Djoko masih bisa berdiri tegak dan sanggup naik ke lantai II.

Organ-organ yang masih sehat itulah, termasuk fungsi jantung, yang ikut mendukung proses pemulihan Pak Djoko. mempengaruhi cepatnya proses penyembuhan pasca operasi. Bahkan H+1, Pak Djoko sudah bisa makan nasi. Jika tak ada aral melintang, Minggu (7/12) atau H+4 pasca operasi, Pak Djoko sudah boleh pulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: